Pages

Minggu, 15 Juni 2014

Membuat Animasi Tanaman Tumbuh Dengan 3DS MAX Bag 3

-Nah, saatnya membuat pot. Saya menggunakan objek cylinder dengan radius = 10, Height = 20 dan height segment = 1 saja agar mudah membentuk bagian atasnya. Untuk Ivy, saya sembunyikan dulu agar lebih gampang.
Ubah silinder menjadi Editable Poly. Masuk ke panel modify dan pada Editable Poly, pilihPolygon. Klik polygon bagian atas saja.
-Perbesar polygon bagian atas tersebut menggunakan tool select and scale sampai bentuknya mirip ember kecil 

-Setelah diperbesar, hapus polygon bagian atas tersebut. Maka bagian atas akan berlubang, tapi bentuknya sangat tipis.

-Agar pot menjadi tebal, kita akan memberi modifier Shell. Klik panel Modify > Modifier List: Shell.

-Atur nilai Outer Amount pada parameter Shell menjadi 0,5 agar tidak terlalu tebal. Lihat gambar atas gan...

-Beres, tahap modeling dan animasi sudah selesai. Sekarang, saatnya memberi material.


-Untuk material Lingkaran/ranting saya memberi warna Diffuse dengan coklat tua dengan specular rendah supaya gak kinclong saat dirender. Saya juga memberi bump agar permukaan agak kasar. Walau hasilnya setelah dirender gak ada perbedaan

-Warna pot saya buat dengan warna hijau tua dengan specular agak tinggi agar terkesan silau saat terkena cahaya

-Ok deh, hasil akhir yang saya buat ditambah dengan background adalah sebagai berikut:



0 komentar:

Posting Komentar