Pages

Senin, 22 Oktober 2012

Perawatan Komputer


                Walaupun komponen PC terletak dalam sebuah casing computer,namun masih banyak kotoran yang dapat mengganggu fungsionalitas komponen baik dari debu maupun sarang serangga.Untuk membersihkan kotoran tersebut dapat digunakan peralatan dan bahan yang sederhana seperti:
1.       Penyedot debu mini
2.       Kain kering/tisu
3.       Cairan pembersih/cleaner (disk dan CD)
4.       Obeng
5.       Tang
6.       Kuas
Cara Perawatan/Pembersihan PC:
1.       Pertama bersihkan dulu casingnya,lalu buka casingnya(dengan penyedot debu).
2.       Lalu buka Motherboard dan bersihkan dengan kuas dan penyedot debu mini jangan lupa power supllainya juga dibersihkan.
3.       Buka kabel – kabel yang terpasang,lalu buka floppy drive dan bersihkan dengan disk cleaner.Lalu bagian CD drive juga dibersihkan dengan CD cleaner.
4.       Untuk Harddisk dari sisi hardware,perlu ditambahkan heatsinkfan untuk pengaturan suhu.Unutk sisi software,cukup dengan tool – tool yang telah tersedia menginstall sistemnya.
5.       Lalu VGA card,sound card,RAM/ROM,dll.Dibersihkan dengan kuas lalu dengan penyedot debu mini.Tapi kita harus hati – hati,karena kalau salah kita bisa merusak komponennya.
6.       Untuk CPU/Prossesor perawatannya kita harus memperhatikan heatsink fannya apakah udara yang mendinginkan prossesor berfungsi.
7.       Setelah semua bersih pasang kembali komponennya dan casingnya Juga

0 komentar:

Posting Komentar